Rate this post

Dalam rangka merintis pengembangan dan peningkatan kemampuan dan wawasan akademik mahasiswa, Ditjen Pendidikan Tinggi melalui Kopertis Wilayah X menyelenggarakan kompetisi ON MIPA-PT (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) tingkat perguruan tinggi di Pekanbaru dari tanggal 30 s/d 31 Maret 2011 yang diikuti oleh PTN dan PTS di wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepri).

 Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Pangeran Pekanbaru dan dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Damsar, M.A. selaku Koordinator Kopertis Wilayah X. Para pesertanya terlihat sangat antusias. Dalam penyelenggaraan ON MIPA-PT kali ini, pesertanya berjumlah 188 orang, yakni 71 peserta bidang matematika, 35 peserta bidang kimia, dan biologi 43 peserta. Mereka merupakan utusan yang telah berhasil melewati tes tahap 1 (satu) di perguruan tinggi masing-masing.

Seleksi peserta tahap pertama dilakukan di perguruan tinggi masing-masing untuk selanjutnya mengirimkan tujuh mahasiswa terbaik masing-masing bidang. Pada tahapan kedua seluruh peserta akan diseleksi dan 50 mahasiswa terbaik akan mengikuti kompetisi tingkat nasional. Pada tahap seleksi terakhir nanti, 25 mahasiswa terbaik Indonesia akan mewakili Indonesia di tingkat internasioanal.

Seusai menyelesaikan materi ujian, soal dan jawaban langsung dikumpulkan dan diserahkan langsung kepada perwakilan dari Dikti yang mendampingi acara tersebut. Informasi pemenang bisa dilihat langsung di web Dikti yang menurut jadwal akan diumumkan tanggal 6 – 11 April 2011.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *