Home Berita LLDIKTI Prof. Herri Bacakan Pesan Mendikbud pada Hari Guru Nasional 2019

Prof. Herri Bacakan Pesan Mendikbud pada Hari Guru Nasional 2019

420
0
SHARE
Prof. Herri Bacakan Pesan Mendikbud pada Hari Guru Nasional 2019

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA membacakan teks pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim saat upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional di halaman kantor LLDIKTI Wilayah X, Senin (25/11).

Dalam pidato tersebut, Mendikbud mengucapkan permohonan maaf karena pidato yang akan disampaikan berbeda dengan para pendahulunya.

“Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke," tulis Mendikbud.

Menteri Nadiem mengatakan tidak akan membuat janji-janji kosong. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia.

Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama. Besok, di mana pun anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas anda.

Perubahan tersebut, menurut Nadiem bisa dilakukan dengan cara mengajak kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas. Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

“Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak,” tutup Nadiem. (Subbag TUBMN)

Selamat Hari Guru.

#merdekabelajar #gurupenggerak