Video Terbaru
Teleconference Kepala LL DIKTI Wilayah X
Profil LL DIKTI Wilayah X
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 1949576 kali
Percepat APT, LLDIKTI Wilayah X Selenggarakan Workshop Peningkatan Akreditasi
Ditulis oleh : Admin - Bidang : Kelembagaan

11 Februari 2019 - 09:13:22 WIB

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA membuka secara resmi Workshop Peningkatan Akreditasi Institusi yang diikuti PTS provinsi Sumbar dan Jambi di Padang, Jumat (8/2).

“Akreditasi sangat dibutuhkan untuk menjaga mutu lulusan. Bagi perguruan tinggi yang tidak bisa menjaga mutu maka akan ditinggalkan masyarakat,” ucap Kepala Lembaga.

Untuk itu kata Prof Herri, melalui workshop ini kiranya para pimpinan perguruan tinggi dapat menunjukkan komitmennya dan mempersiapkan dokumen borang Akreditasi Perguruan Tinggi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). Sehingga percepatan pengusulan borang Akreditasi Perguruan Tinggi ke BAN-PT melaui SAPTO bisa segera dilaksanakan agar Perguruan Tinggi memperoleh peringkat Akreditasi. 

Lebih lanjut, Prof. Herri menjelaskan sebuah standarisasi pendidikan sangat penting untuk menunjang kemajuan pendidikan Indonesia. Akreditasi adalah suatu bentuk standarisasi sebagai penentuan standar mutu serta penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan oleh pihak luar lembaga pendidikan itu sendiri.

“Penggunaan standar yang sama dalam akreditasi memungkinkan semua elemen yang berbeda bisa diintegrasikan sehingga lulusan dari suatu perguruan tinggi akan relatif sejajar dengan lulusan perguruan tinggi lainnya,” jelas Prof. Herri.

Undang-undang pendidikan tinggi beserta peraturan pelaksanaannya sudah mewajibkan akreditasi sebagai syarat pemberian izin bagi perguruan tinggi. Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan.

“Selain itu, akreditasi juga bisa menjadi alat untuk mengukur kesiapan perguruan tinggi dalam melakukan proses penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi,” terangmya.

Standar akreditasi perguruan tinggi mencakup standar tentang komitmen perguruan tinggi terhadap  kapasitas institusional dan komitmen terhadap efektifitas program pendidikan yang dikemas dalam 9 (9embilan) standar, yaitu Visi, Misi, Tujuan dan Strategi , Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Luaran serta Capaian Tridharma.

“Diharapkan, setelah mengikuti kegiatan ini peserta bertambah keterampilan dan kemampuannya dalam mengelola dan meningkatkan mutu perguruan tinggi dalam Akreditasi Program Studi (APS) dan  Akreditasi Perguruan tinggi (APT). (Wilda)

JAJAK PENDAPAT
Berapa Tingkat Kepuasan Anda Terhadap Pelayanan LLDIKTI X
Puas Sekali
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

HASIL POLLING