Home Berita LLDIKTI Tidak Hanya Sekadar Penandatanganan MoU atau MoA, Prof. Herri Minta PTS Tindak Lanjuti Kerjasama

Tidak Hanya Sekadar Penandatanganan MoU atau MoA, Prof. Herri Minta PTS Tindak Lanjuti Kerjasama

430
0
SHARE
Tidak Hanya Sekadar Penandatanganan MoU atau MoA, Prof. Herri Minta PTS Tindak Lanjuti Kerjasama

LLDIKTI Wilayah X selenggarakan Workshop Peningkatan Kerjasama Perguruan Tinggi yang diikuti sebanyak 140 PTS di Batam, Selasa (18/6).

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA dalam sambutannya menyampaikan tingginya angka partisipasi kerjasama yang dilakukan oleh perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri menjadi perhatian tersendiri oleh LLDIKTI Wilayah X. Untuk itu, supaya pelaksanaan kerja sama sesuai dengan aturan perundang-undangan serta panduan yang berlaku perlu dilaksanakan workshop peningkatan kerjasama perguruan tinggi.

Prof. Herri juga meminta agar perguruan tinggi diharapkan aktif melaporkan setiap kerjasama yang dilakukan demi menunjang penilaian dalam pemeringkatan/klasterisasi perguruan tinggi.

“Tentunya, kerjasama yang dilakukan tidak hanya sekadar signing MoU atau MoA saja, melainkan harus melakukan aktivitas sehingga bisa bernilai dalam akreditasi perguruan tinggi. Banyaknya tawaran kerjasama yang ditawarkan oleh BUMN, sektor industri serta perguruan tinggi luar negeri merupakan peluang yang harus dimanfaatkan secara maksimal,” ucap Prof. Herri.

Sementara itu, Kabag Kelembagaan Sistem Informasi dan Kerjasama Jamurin, SH, MH dalam laporannya saat pembukaan menyebutkan berbeda dengan tahun lalu, pada tahun 2019 ini LLDIKTI Wilayah X menitikberatkan materi workshop pada tata naskah kerjasama serta aplikasi pelaporan kerjasama berbasis daring.

Dalam workshop ini LLDIKTI Wilayah X menghadirkan narasumber dari Biro Hukor Kemenristekdikti dengan materi Tata Naskah Kerjasama, Kepala Subdirektorat Kerjasama Perguruan Tinggi Kemenristekdikti Purwanto Subroto, Ph.D tentang Klasterisasi Perguruan Tinggi serta dari Universitas Islam Riau dan Universitas International Batam tentang Peluang dan Implementasi Kerjasama Luar Negeri.

Pada kesempatan tersebut, Kepala LLDIKTI Wilayah X juga melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama dengan PT. Pegadaian Persero Wilayah II (Sumbar, Riau, Kepri dan Kerinci) yang mencakup kerjasama pelaksanaan kuliah umum, seminar pendidikan, magang mahasiswa, dan pemanfaatan produk pegadaian.

Selain itu, LLDIKTI Wilayah X juga menerima delegasi dari Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) diwakili oleh Profesor Madya Dr. Khairul Azman bin Mohd. Suhaimy; Dean of Centre of General Studies and Co- Curricular. Dalam presentasinya UTHM memperkenalkan kampus serta peluang kerjasama yang bisa dilakukan oleh LLDIKTI Wilayah X dan UTHM. (Irna)