Home Berita LLDIKTI Songsong Era Revolusi Industri 4.0, LLDIKTI X Dorong Penguatan Kurikulum

Songsong Era Revolusi Industri 4.0, LLDIKTI X Dorong Penguatan Kurikulum

358
0
SHARE
Songsong Era Revolusi Industri 4.0, LLDIKTI X Dorong Penguatan Kurikulum

Menyongsong era revolusi industri 4.0, LLDIKTI Wilayah X berupaya mendorong perguruan tinggi untuk mampu menyesuaikan model pembelajaran dalam penguatan kurikulum pendidikan. Bertempat di Kota Padang, kegiatan pengembangan kurikulum berfokus pada bidang ilmu pendidikan (11/2).

Dalam kegiatan bertajuk “Workshop Pengembangan Kurikulum Bidang Ilmu Pendidikan”, Yandri A., SH, MH selaku Sekretaris Lembaga berpesan agar setiap peserta mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya karena ini merupakan kesempatan “belajar” menyusun kurikulum untuk melahirkan para lulusan perguruan tinggi yang siap menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0.

“Berbicara kurikulum berbicara mengenai perencanaan, bagaimana kita menafsirkan keperluan masa depan” ujarnya di hadapan 78 orang peserta dari 19 Perguruan Tinggi Swasta yang tersebar di wilayah Sumatera Barat dan Jambi.

Ia menuturkan kita jangan terlalu banyak berharap pada lulusan apabila kita tidak mampu menerjemahkan perkembangan walau sebaik apapun kurikulum yang kita miliki.

Untuk mewujudkan harapan ini, LLDIKTI Wilayah X memberlakukan beberapa persyaratan untuk peserta. Beberapa di antaranya yaitu kualifikasi pendidikan peserta S3 atau di bawahnya, lektor, minimal 3 tahun mengajar, familiar dengan internet, mempunyai RPS, dan lain-lain. Namun, yang tak kalah penting adalah memiliki komitmen untuk mengembangkan kurikulum serta mata kuliah yang diampu di PTS asal.

Kegiatan yang sama akan berlanjut di dua kota, yaitu Padang dan Pekanbaru dengan dua bidang ilmu lainnya yaitu Teknik dan Komputer. (Cm)