Home Berita LLDIKTI Peserta Pengembangan Kurikulum Bidang Ilmu 2019

Peserta Pengembangan Kurikulum Bidang Ilmu 2019

67
0
SHARE
Peserta Pengembangan Kurikulum Bidang Ilmu 2019

Sesuai dengan visi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yaitu “Terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan iptek dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa” maka dibutuhkan lulusan yang siap menghadapi tantangan era revolusi indutri 4.0 tahun 2020 yang akan datang. Sehingga diharapkan penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi perlu melakukan penyesuaian metode pembelajaran dan penguatan kurikulum. Untuk itu dibutuhkan model pembelajaran baru yang menekankan pada penerapan teknologi, kemampuan kerja, entrepreneurship, kreativitas, skills dan nilai- nilai/karakter.

Sebagai upaya mendorong penyesuaian model pembelajaran yang dimaksud di atas, maka telah dilakukan workshop pengembangan kurikulum semenjak tahun 2018 untuk Bidang Ilmu Hukum, Sosial, Ekonomi dan Kesehatan . Untuk bidang Ilmu Teknik, Komputer dan Pendidikan tahun 2019 (data PT dan nama dosen peserta terlampir).

Diharapkan dosen tersebut pada semester 1 tahun ajaran 2019/2020 telah menerapkan untuk mata ajar yang diampu dan selanjutnya dosen yang telah mengikuti workshop tersebut diharapkan:

1. Agent of Change dalam revitalisasi pengembangan kurikulum bidang Ilmu sesuai dengan bidang ilmu masing masing, serta menularkannya ke bidang ilmu yang lain

2. Memaksimumkan fungsi mereka sebagai tim pengembangan dan penguatan kurikulum diPerguaruan Tinggi sesuai Bidang Ilmu masing masing.

3. Memperbaiki metode pembelajaran serta kontent mata ajar di PT tempat mereka bertugas.

Untuk melihat efektifitas penerapannya di PT masing masing, maka untuk tahun 2019/2020 semester 1 akan diadakan monitoring penerapannya. Sedangkan evaluasi akan dilakukan pada tahun 2020 dengan melakukan Teaching and Learning Award untuk dosen-dosen yang telah menerapkannya.

Demikianlah kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

Kepala,

Prof. Dr. Herri, MBA

Nip.19631215199011001


selengkapnya unduh disini

1. surat pemberitahuan

2. lampiran peserta