Home Berita PT Mahasiswa Baru STKIP PGRI Sumbar Ikuti PKKMB

Mahasiswa Baru STKIP PGRI Sumbar Ikuti PKKMB

360
0
SHARE
Mahasiswa Baru STKIP PGRI Sumbar Ikuti PKKMB

Sebelum masuk ke perguruan tinggi, calon mahasiswa harus lebih dulu menggenal perguruan tinggi yang akan dimasukinya. Hal ini disampaikan Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Yandri, SH, MH dihadapan 983 orang mahasiswa baru STKIP PGRI Sumbar tahun ajaran 2019/2020 pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di SCC STKIP PGRI, Gunung Pangilun, Rabu (11/9). "Bagi orang baru di lingkungan kampus, mahasiswa baru ini harus kenal kampus yang akan dimasuki, sehingga ini nantinya akan memudahkan para mahasiswa untuk melaksanakan studi yang sesuai dengan minatnya," ungkap Yandri. 

Sekretaris Lembaga juga menyampaikan tentang keberadaan STKIP PGRI saat ini. Dimana kampus tersebut memiliki banyak prestasi baik di LLDIKTI Wilayah X maupun dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). 

"Dari 253 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tersebar di empat provinsi (Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepri) STKIP PGRI Sumbar masuk dalam akreditasi B. Lalu dari jumlah 947 prodi yang ada, sebanyak 65 persen prodi di antaranya statusnya sudah terakreditasi A dan B. Sedangkan di kampus STKIP PGRI Sumbar, prodi Pendidikan Sejarah dapat akreditasi A, dan 13 prodi lainnya mendapat akreditasi B. "Inilah yang menjadi kebanggan bagi kampus STKIP PGRI Sumbar ini" ucapnya. 

Ketua STKIP PGRI Sumbar, Zusmelia. menyebutkan dari 4 ribu lebih perguruan tinggi yang dinilai Kemenristekdikti tahun ini, STKIP PGRI Sumbar masuk 100 besar, tepatnya di rangking 97 dalam bidang kemahasiswaan. Kemudian untuk bidang penelitian, STKlP PGRI menempati rangking 80 dari empat ribu lebih perguruan tinggi se-Indonesia.

"Untuk bidang kemahasiswaan ini, tahun lalu kami rangking 175 sekarang rangking 97. Alhamdulillah, STKIP PGRI Sumbar merasa bersyukur dan bangga, kerja keras kami selama ini telah membuahkan hasil," ucap Zusmelia. 

Kemudian, bertepatan pelaksanaan PKKMB, Zusmelia menyampaikan rasa bangga atas pencapaian yang berhasil diraih perguruan tinggi tersebut.

"Jadilah mahasiswa yang paripurna. Jangan sia-siakan waktu dan aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Di STKIP PGRI Sumbar, ada 13 Unit Kegiatan Mahasiswa dan 14 Himpunan Mahasiswa. Mahasiswa harus mulai beraktivitas dengan organisasi yang tersedia," tegasnya. 

Tak Ada Praktik Perploncoan

Ketua Pelaksana PKKMB STKIP PGRI Sumbar Jarudin mengatakan dalam pelaksanaan PKKMB ini tidak ada praktik perploncoan pada mahasiswa baru. Panitia, katanya, akan terus mengawasi kegiatan PPKMB itu hingga selesai. 

Menyinggung jumlah mahasiswa baru yang diterima STKIP PGRI Sumbar tahun ini, Jarudin menyebutkan Ada sebanyak 983 orang mahasiswa baru yang diterima yang terbagi dalam 14 program studi. (Rls STKIP PGRI Sumbar)