Rate this post

Hari kebangkitan teknologi nasional (HAKTEKNAS) diperingati sebagai tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia, yang ditandai dengan penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung. Hasil karya anak bangsa tersebut menjadi bukti kemampuan bangsa Indonesia saat itu dalam menghasilkan inovasi.

Sejalan dengan upaya percepatan inovasi dalam mendukung pencapaian daya saing bangsa, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2017 ini akan menyelenggarakan penganugerahan bagi karya inovasi nasional yang memenuhi kriteria penilaian yang telah ditetapkan. Sekaligus kegiatan ini merupakan rangkaian momentum dalam memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Tahun 2017.

Tujuan dari penyelenggaraan Anugerah Iptek tahun 2017, antara lain adalah :

  1. Mendorong peningkatan kemampuan Iptek, yang diikuti dengan penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia;
  2. Membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersil, ekonomi dan atau sosial-budaya secara berkelanjutan
  3. Memberikan dorongan kepada para pelaku inovasi (individu, organisasi, lembaga) agar dapat terpacu dalam mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah, baik sebagai individu maupun melalui kemitraan dan kerjasama antar unsur inovasi.

Kategori Anugerah Iptek Tahun 2017 yang terbuka untuk Pemerintah Provinsi dan Daerah, serta lembaga non-pemerintah dan masyarakat adalah sebagai berikut:

  1. Anugerah Budhipura, untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Provinsi atas penguatan sistem inovasi di wilayahnya.
  2. Anugerah Budhipraja, untuk mengapresiasi prestasi Pemerintah Kabupaten/ Kota dalam penguatan sistem inovasi daerah.
  3. Anugerah Widya Kridha, untuk mengapresiasi prestasi lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dukungannya dalam mendorong penguatan inovasi.

Pendaftaran dibuka secara online sejak tanggal 02 Mei 2017 – 04 Juli 2017 yang dapat di akses pada  (http://anugerahiptek.ristekdikti.go.id ).

Untuk spanduk bisa unduh pada tautan ini : Anugerah Iptek Tahun 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *