Rate this post

Tahun 2017, Universitas Mohammad Natsir sepakati kerja sama penyelenggaraan praktikum di laboratorium terpadu Kopertis Wilayah X. Hal ini merupakan upaya memaksimalkan pengetahuan mahasiswa. Selain teori, praktik di laboratorim akan menambah wawasan mahasiswa terhadap apa yang diperoleh di ruang kelas.

Selasa (23/5), untuk menunjang mata kuliah kimia, fisika, dan mikrobiologi, 37 mahasiswa S1 farmasi Universitas Mohammad Natsir praktikum di laboratorium terpadu Kopertis Wilayah X.

Sebelum praktikum, laboran Kopertis Wilayah X Irna mengatakan bahwa mahasiswa harus mematuhi tata tertib dan mengikuti instruksi laboran pendamping untuk menghindari kecelakaan dan keselamatan mahasiswa saat praktikum.

“Mahasiswa diwajibkan memakai masker, jas laboratorium, handscoon sebagai alat pelindung diri. Tidak boleh makan dan minum selama praktikum agar tidak terkontaminasi zat serta tidak memainkan zat,” terang Irna.

Laboran Kopertis Wilayah X, Resa mengatakan pada bidang kimia, mahasiswa berpraktik tentang titrasi asam basa, yaitu penentuan konsentrasi asam atau basa mengggunakan larutan standar yang bersifat basa atau asam melalui cara titrasi. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan untuk menggunakan spektrofotometer Uv. Vis dalam penentuan kadar vitamin C pada jeruk nipis serta mengukur besaran pokok dari benda menggunakan jangka sorong, multimeter sekrup dan neraca .

Di bidang fisika, mahasiswa diperkenalkan dan mempraktikkan cara pemakaian alat ukur, seperti jangka sorong, micrometer sekrup, dan neraca ohauss tiga lengan. Selanjutnya, mahasiswa praktik untuk mengetahui kekentalan zat cair (fluida) dengan menggunakan viscometer stokes.

Di bidang mikrobiologi, praktikum mahasiswa bertujuan untuk mengetahui media isolasi dan peremajaan bakteri dan jamur.

Untuk memahami bagaimana membedakan kategori baketri gram negatif dan gram positif dengan menggunakan pewarnaan asam dan basa menjadi topik praktikum mikrobiologi. Mahasiswa dituntut bisa menentukan jenis dan bentuk bakteri serta jamur dengan menggunakan pewarna gram. (HR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *