Rate this post

Training Audit Mutu Internal tahun 2017 Bagi Perguruan Tinggi Di Lingkungan Kopertis Wilayah X Untuk Propinsi Riau dan Kepri

Training Audit Mutu Internal tahun 2017 Bagi Perguruan Tinggi Di Lingkungan Kopertis Wilayah X Untuk Propinsi Riau dan Kepri

Langkah strategis untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi adalah pengembangan sistem penjaminan mutu internal. Sesuai dengan  Permenristek Dikti No 62 tahun 2016 bahwa  pengembangan penjaminan mutu merupakan kewajiban seluruh perguruan tinggi yang harus segera dilakukan. Dalam penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal kegiatan audit mutu internal merupakan bagian yang sangat penting karena dengan proses tersebut didapatkan ruang peningkatan mutu yang akurat tepat serta sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi yang bersangkutan.

Selama 4 tahun Kopertis X telah menyelesaikan paket pelatihan pengembangan SPMI dan program tahun 2017 ini digelar kegiatan Training Audit Mutu Internal sebagai penunjang pengembangan mutu di perguruan tinggi

Pelatihan  auditor mutu internal bagi PTS diselenggarakan dengan memerhatikan beberapa hal antara lain : 

1.  Prinsip Andragogy

2.  Berorientasi kepada kesuksesan peserta (learner oriented)

3.  Berbasis kompetensi (competence based)

4.  Belajar sambil melakukan (learning by doing)

Tujuan Pelatihan

A.  Secara umum ada beberapa hal yang diharapkan dari hasil pelatihan antara lain :

  1. Setelah mengikuti pelatihan, dan dinyatakan kompeten peserta dapat ditetapkan oleh perguruan tinggi tempat berkarya sebagai auditor mutu internal yang bertugas melakukan audit mutu internal di institusi pendidikan tinggi tempat berkarya.
  2. Dalam melaksanakan perannya, peserta berfungsi dalam mengembangkan sistem audit mutu internal di institusi pendidikan tinggi tempat berkarya.
  3. Setelah mengikuti pelatihan, peserta sebagai auditor mutu internal mampu mengembangkan sistem audit mutu internal di institusi Pendidikan Tinggi. 

B.  Secara khusus ada beberapa hal yang diharapkan dari hasil pelatihan antara lain :

  1. Menjelaskan kebijakan nasional sistem penjaminan mutu Pendidikan Tinggi (SPM Dikti), SPMI Dikti , SPME Dikti
  2. Menjelaskan Program Akreditasi BAN PT
  3. Menjelaskan Pengembangan PD Dikti
  4. Menerapkan audit mutu internal
  5. Melakukan audit mutu internal sistem/ dokumen
  6. Melakukan audit mutu internal visitasi/ kepatuhan 

Untuk mewujudkan hal tersebut diatas Kopertis Wilayah X  menyelenggarakan pelatihan auditor mutu internal untuk menunjang pelaksanaan penjaminan mutu di setiap perguruan tinggi. Dengan pelatihan auditor mutu internal ini diharapkan semua peserta nantinya dapat menjalankan peranya dengan optimal dalam pengembangan budaya mutu di perguruan tinggi. Untuk tahap pertama pelatihan di berikan kepada pergurutan tinggi di lingkungan Kopertis Wilayah X yang berdomisili di propinsi Riau dan Kepulauan Riau yang diselenggarakan di pekanbaru pada tanggal 28 Februari s/d 3 Maret 2017, yang diikuti oleh 60 peserta terdiri dari 30 perguruan tinggi.

Ada beberapa materi yang diberikan pada pelatihan Audit Mutu Internal tahun 2017 antara lain :

  1. Tata Kelola Sumberdaya Berprinsip Good University Governance (GUG)
  2. Teori Audit Mutu Internal
  3. Teori Perencanaan Audit Mutu Internal
  4. Teori Pelaksanaan Audit Mutu Internal
  5. Penjelasan Implementasi Audit
  6. Implementasi Audit (Audit Dokumen)
  7. Implementasi Audit Mutu Internal (Kegiatan lapangan dengan mengunjungi/melakukan audit prodi berakreditasi B yang berada di Universitas Islam Riau, Universitas Lancang Kuning dan Politeknik Caltex)
  8. Penyusunan Rencana Tindak Lanjut
  9. Presentasi Implementasi Kelompok
  10. Kepemimpinan Dalam Pendidikan Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *