Rate this post

Larangan Kelas Jauh dan Sabtu – Minggu

Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi mengamanahkan bahwa setiap pendidikan Tinggi di Indonesia, baik PTN maupun PTS memiliki peran yang sangat penting dalam penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas yang dimaksud sangat terkait dengan ketersediaan dosen dan tenaga kependidikannya, sarana dan prasarana, tata kelola organisasi, serta implementasi Sistem Penjaminan Mutu Intemal (SPMI) di PTS.

Salah satu indikator pencapaian untuk mutu perguruan tinggi adalah perencanaan pembelajaran sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan.

Berkenaan dengan hal-hal tersebut, maka kami sampaikan sebagai berikut:

  1. Dalam setiap pertemuan dengan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi selalu menyampaikan bahwa perkuliahan yang dilaksanakan di luar kampus kota domisili (kelas jauh) dan kelas Sabtu dan Minggu (kelas pemadatan) dilarang pelaksanaannya karena melanggar peraturan dan kaedah akademik yang berlaku;
  2. Bahwa Direktur pembinaan Kelembagaan IPTEK dan Dikti telah membuat buku panduan pemeriksaan dugaan pelanggaran Perguruan Tinggi dan kami telah mengirimkan ke perguruan tinggi Saudara beberapa waktu yang lalu sebagai pedoman dalam menata perguruan tinggi secara baik, di mana di antaranya juga memuat larungan kelas jauh dan kelas Sabtu-Minggu;
  3. Kami informasikan bahwa Kopertis Wilayah X telah membentuk Tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) dan Tim Pembinaan yang tugasnya melakukan pembinaan terhadap PTS sekaligus pemeriksaan jika ada indikasi dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh PTS di lingkungan Kopertis Wilayah X.
  4. Jika nantinya terdapat Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan Kopertis Wilayah X yang melanggar ketentuan sebagaimana tercantum dalam buku panduan tersebut dan masih melakukan kelas jauh dan Sabtu-Minggu maka kami akan mengambil tindakan sesuai dengan kewenangan Yang ada.

Demikian kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Unduh:

Surat Larangan Kelas Jauh dan Sabtu – Minggu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *