Dosen Berperan Tingkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi

Dosen Berperan Tingkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi

Padang – Kopertis Wilayah X undang seluruh Dosen PNS Dpk untuk berdialog bersama. Pertemuan ini digelar di aula lantai 3 Kopertis Wilayah X, Selasa (27/12).

Dialog Koordinator Kopertis dan Dosen PNS Dpk dipandu oleh Sekretaris Pelaksana, Drs. Hanafi, MS. Pertemuan ini merupakan ajang silaturrahmi, menyambung rasa dan sekaligus membicarakan hal apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di wilayah Sumatra Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau.

Prof. Dr. Herri, SE, MBA mengatakan akhir November lalu, tepatnya 23 November 2016 saya dilantik sebagai Koordinator Kopertis Wilayah X yang kedelapan. Sebelumnya saya menjabat sebagai Wakil Rektor II di Universitas Andalas.

Ada kebanggaan tersendiri saat mengabdi sebagai dosen. Salah satunya adalah dosen memiliki peran besar dalam menyiapkan calon pemimpin bangsa. Peran dosen juga sangat penting dalam membentuk anak didik yang tidak saja pintar secara akademik. Akan tetapi, anak didik yang memiliki tata krama serta akhlak yang bagus. Budaya disiplin akan membekas pada peserta didik. Selain itu peran dosen sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kualitas tersebut memiliki potensi dalam meningkatkan akreditasi, ungkap Koordinator.

Saat ini, ada 529 orang dosen PNS Dpk yang tersebar pada PTS di lingkungan Kopertis Wilayah X. Perbandingan jumlah dosen PNSD dengan dosen yayasan adalah 1:15. Oleh karena itu, saya berharap dosen PNSD dapat menjadi motor, dinamisator, stabilisator serta inovator di PTS masing-masing. Kita perlu menyamakan persepsi mengenai posisi kita yang ditempatkan di Perguruan Tinggi Swasta, ucap Koordinator.

Lebih lanjut, terkait peningkatan kualitas pendidikan Koordinator menyampaikan agar dosen yang kualifikasi pendidikan S2 untuk melanjutkan studi ke program doktoral. Bagi dosen yang sudah berkualifikasi pendidikan S3 agar memotivasi diri untuk menjadi guru besar. Karena hingga saat ini, di Kopertis Wilayah X baru ada 18 orang guru besar.

Pada tahun 2017, Koordinator berharap agar di Kopertis Wilayah X untuk meningkatkan mutu penelitian serta memotivasi para dosen dalam publikasi. Salah satunya adalah dengan membuat research center. Ini merupakan sarana bagi para peneliti di lingkungan Kopertis Wilayah X untuk mengkaji bersama topik-topik khusus seperti di bidang kesehatan tentang kajian penyakit kronis.

Comments are closed.