Koordinator: Kejar Ketertinggalan, Berbenah Tingkatkan Mutu Pendidikan

Koordinator: Kejar Ketertinggalan, Berbenah Tingkatkan Mutu Pendidikan

Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof. Dr. Herri, SE, MBA membuka secara resmi kegiatan Penyesuaian Perubahan Badan Penyelenggara PTS (Yayasan) di lingkungan Kopertis Wilayah X (2/12/2016). Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Evaluator Badan Penyelenggara Pendidikan Kemenristekdikti dan Badan Penyelenggara (Yayasan) Perguruan Tinggi Swata (PTS) di Provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau.

Koordinator mengatakan kegiatan ini erat kaitannya dengan tata kelola perguruan tinggi. Kita mengetahui bahwa tata kelola adalah salah satu faktor penunjang keberhasilan. Kinerja perguruan tinggi sangat tergantung kepada mekanismenya. Mekanisme itu ada SOP dan aturan hukumnya.

Banyak hal yang tidak bisa dilakukan kalau nama badan penyelenggara berbeda dengan yang tercantum di Surat keputusan (SK). Diantaranya adalah tidak bisa ikut berkompetisi dalam mendapatkan hibah, seperti Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS).

Lebih lanjut, Koordinator menjelaskan dari data di Kopertis Wilayah X, dari 800 Prodi di lingkungan Kopertis Wilayah X hanya 6 Prodi yang terakreditasi A. Belum ada satupun PTS yang (AIPT) Akreditasi Institusi Perguruan Tingginya A. Masih banyak dosen yang berstatus sebagai tenaga pengajar, belum memiliki jabatan fungsional. Hal ini berpengaruh pada penilaian akreditasi.

Semoga permasalahan ini bisa segera terselesaikan. Permasalahan yang ada silakan dilaporkan kepada tim evaluator Kemenristekdikti. Persoalan internal jangan sampai mengganggu peningkatan kualitas pendidikan. Mari kita bersama mengejar ketertinggalan dan bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan. Mari berbenah, meningkatkan mutu pendidikan, ujar Herri.

Comments are closed.