Pemberian Surat Keterangan Keabsahan Ijazah

Pemberian Surat Keterangan Keabsahan Ijazah

Sehubungan dengan permintaan dari masyarakat untuk melengkapi dokumen kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam hal Pemakaian Gelar Akademik ke dalam dokumen kepegawaian dan Keabsahan ljazah untuk syarat dokumen kepegawaian oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), maka bersama ini dapat disampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berhak menandatangani ijazah sendiri dan melegalisasi ijazah yang dikeluarkannya sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 08/DlKTI/Kep./2002 tanggal 6 Februari 2002 perihal: Petunjuk Teknis Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor l84/U/200l Tentang Pedoman Pengawasan Pengendalian Dan Pembinaan Program Diploma, Sarjana dan Pasca Sarjana di Perguruan Tinggi, di mana pada keputusan pertama poin c.berbunyi: Menerbitkan ljazah bagi lulusan program studi oleh perguruan tinggi, dengan demikian keharusan ijazah lulusan PTS yang semula penanda-syahkan ijazah oleh Kopertis ditiadakan (dapat diunduh pada website Dikti).
  2. Berkenaan dengan pengesahan ijazah, Menteri Pendidikan Dan Kebudyaan mengeluarkan peraturan Nomor: 11 Tahun 2014 tentang: Pengesahan Fotokopi ijazah, Fotokopi Sertifikat Profesi, Fotokopi Surat Keterangan Pengganti ljazah/Sertifikat Profesi, dan Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/Sertifikat Profesi Lulusan Perguruan Tinggi pada Pasal 4 ayat 1 (dapat diunduh pada website Dikti).
  3. Ijazah yang dikeluarkan oleh setiap PTS yang terdaftar pada Pangkalan Data Dikti (PDPT), adalah legal dan sah, dengan catatan nama lulusan dari masing-masing perguruan tinggi tersebut tertera dalam ijazah, dan dapat dicek melalui http://forlap.ristekdikti.go.id/ pada menu Pencarian Data Profil Mahasiswa.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka Kopertis tidak berkewajiban mengeluarkan surat keterangan keabsahan ijazah bagi setiap ijazah yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Demikianlah kami sampaikan atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Unduh:

Pemberian Surat Keterangan Keabsahan Ijazah

Comments are closed.