Rate this post

Anugerah Iptek 2016 (Perpanjangan)

Sejalan dengan upaya percepatan inovasi dalam mendukung pencapaian daya saing bangsa, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2016 ini akan menyelenggarakan penganugerahan bagi karya inovasi nasional yang memenuhi kriteria penilaian yang telah ditetapkan. Sekaligus kegiatan ini merupakan rangkaian momentum dalam memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Tahun 2016.

Sedangkan tujuan dari penyelenggaraan penganugerahan bagi karya inovasi nasional tahun 2016, antar lain adalah :

1. Mendorong peningkatan kemampuan Iptek, yang diikuti dengan penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia;

2. Membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersil, ekonomi dan atau sosial-budaya secara berkelanjutan;

3. Memberikan dorongan kepada para pelaku inovasi (individu, organisasi, lembaga) agar dapat terpacu dalam mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah, baik sebagai individu maupun melalui kemitraan dan kerjasama antar unsur inovasi.

Untuk penyelenggaraan tahun ini akan dilaksanakan dalam beberapa kategori yang dapat diikuti oleh berbagai pihak, antara lain : pemerintah pusat dan pemerintah daerah, lembaga litbang, perguruan tinggi, perusahaan, serta masyarakat ilmiah dan masyarakat umum.

Besar harapan kami kegiatan ini dapat menstimulasi iklim kondusif penelitian dan pengembangan dan penguatan inovasi nasional, hingga pada akhirnya dapat berkontribusi pada penciptaan daya saing dan kemandirian bangsa Indonesia.

Kategori Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Tahun 2016:

1. Anugerah Budhipura, untuk mengapresiasi Pemerintah Provinsi dalam penguatan sistem inovasi kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota.

2. Anugerah Budhipraja, untuk mengapresiasi Pemerintah Kabupaten/ Kota yang telah mandiri dalam pelaksanaan Sistem Inovasi Daerah dan pemanfaatan inovasi dan teknologi dalam pelayanan publik.

3. Anugerah Pandega Widyatama, untuk mengapresiasi pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan oleh Kementerian dalam rangka mendorong pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan nasional.

4. Anugerah Widyapadhi, untuk mengapresiasi Perguruan Tinggi yang telah melakukan upaya produksi penelitian dan pengembangan nasional menjadi produk inovasi, fasilitas pusat inovasi, lembaga training of trainer (TOT), lembaga inkubasi dan kerjasama dengan industri.

5. Anugerah Prayoga Sala, untuk mengapresiasi dukungan penguatan inovasi yang dilakukan oleh unit kerja pranata penelitian, pengembangan dan perekayasaan pada Pusat Unggulan Iptek dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan.

6. Anugerah Abyudaya, untuk mengapresiasi sektor industri yang telah berperan aktif dalam pemanfaatan dan upaya produksi hasil penelitian dan pengembangan nasional menjadi produk inovasi, kapasitas penelitian dan pengembangan, SDM, anggaran serta jejaring bagi wahana dan penguatan inovasi.

7. Anugerah Labdha Kretya, untuk mengapresiasi masyarakat akar rumput inovatif dan kreatif yang telah berperan aktif dalam mendorong terbentuknya budaya inovasi yang berdaya saing.

8. Anugerah Adibrata, untuk mengapresiasi masyarakat ilmiah, peneliti dan perekayasa yang telah berperan dalam menghasilkan inovasi yang dapat menghasilkan nilai tambah, baik dalam bentuk komersil, ekonomi maupun sosial-budaya.

Pengisian dapat dilakukan mulai tanggal 21 Juni 2016 sampai 15 Juli 2016

Unduh:

Anugerah Budhipura

Anugerah Budhipraja

Anugerah Pandega Widyatama

Anugerah Widyapadhi

Anugerah Prayoga Sala

Anugerah Abyudaya

Anugerah Adibrata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *