Rate this post

Pemetaan Riset & Lembaga Riset PTS Kopertis Wilayah X

Sesuai dengan rencana strategis Kopertis Wilayah X tahun 2015-2020, salah satunya yaitu penguatan kualitas dan peningkatan kuantitas riset PTS, kopertis sedang menyusun berbagai program kerja. Agar perencanaan efektif, maka perlu dilihat kondisi real saat ini tentang keadaan riset yang dilakukan dosen PTS. Untuk itu kami melakukan pemetaan terhadap riset-riset dan lembaga-lembaga yang terkait riset sebagai base-line perencanaan, sehingga kita tahu dengan gambaran kondisi tertentu apa yang harus dilakukan terhadap kondisi tersebut.

Variabel yang digunakan dalam pemetaan ini antara lain tentang lembaga/unit riset PTS, persentase dosen yang melakukan riset, persentase dosen yang telah mem-publish riset baik di jurnal nasional dan internasional, jumlah dosen yang telah memiliki h-indeks (scopus), dsb. Variabel ini akan berguna sekali sebagai acuan dalam membuat program kerja terkait penguatan riset, misal kopertis mengadakan workshop maka tidak perlu lagi mencari-cari narasumber, karena kita dapat melihat dosen yang tepat dan telah berpengalaman dalam riset yang terlihat dalam data pemetaan, reviewer internal, pembentukan research-center, pengelola jurnal dan sebagainya. Contoh lain; kopertis mengadakan kegiatan “eksebisi riset” dimana terjadi transaksi antara penemu riset dengan masyarakat untuk hasil riset tersebut (misal penemuan alat pengering padi). Kopertis cukup mendata hasil temuan/riset terapan dosen yang belum disosialisasikan kepada masyarakat.

Untuk itulah pemetaan ini dilakukan oleh Kopertis. harapan kami, PTS atau lembaga/unit riset (LPPM) dapat memberikan informasi yang tepat dan akurat agar pemetaan efektif dan bermanfaat dalam penguatan riset dan peningkatan kuantitas riset bagi PTS di lingkungan Kopertis Wilayah X

Silahakan mengisi form pemetaan pada link berikut:

Universitas & Institut : http://bit.ly/1qw1bbM

Sekolah Tinggi : http://bit.ly/1W5KqAf

Sekolah tinggi Kesehatan : http://bit.ly/1MyVkgm

Akademi Kesehatan : http://bit.ly/1XAH8Up

Akademi & Politeknik : http://bit.ly/1p5WWCS

Demikian disampaikan, atas perhatiaan dan waktunya diucapkan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *