Rate this post

Manajemen Jurnal Imiah Elektronik

Pakar e-jurnal Dr. Lukman, ST, M. Hum diundang Kopertis Wilayah X, Jumat, (18/09/2015) sebagai pembicara untuk memberikan pandangannya tentang prosedur dan pengelolaan jurnal elektronik. Workshop bertemakan Manajemen Jurnal Ilmiah Elektronik Open Jurnal System (OJS) ini dibuka oleh Prof. Ganefri, Ph.D yang digelar di Gedung Utama Kopertis Wilayah X.

Lukman mengatakan, saat ini sebagian besar penerbitan jurnal secara elektronik baru dalam tahap mendigitalkan versi cetak menjadi online. Pengelolaan jurnal masih terkendala implementasi OJS. Manajemen penerbitan belum sepenuhnya dilaksanakan, baik oleh penulis, penerbit maupun reviewer. Selain  itu, penerbit  jurnal  ilmiah  Indonesia sebagian  besar belum memiliki nomor Digital Object Identifier (DOI) dan belum terdaftar di lembaga pengindeks  seperti google scholar, DOAJ, Scopus, dan Thomson.

Akibatnya, indeks sitasi penerbitan jurnal ilmiah Indonesia rendah. Penerbitan jurnal elektronik harus diimbangi dengan regulasi, bahwa instrumen akreditasi jurnal ilmiah cetak harus segera disesuaikan menjadi instrumen berbasis elektronik oleh lembaga akreditasi, dalam hal ini Dikti dan LIPI, ungkap Indonesian OJS Project Manager PDII-LIPI ini.

Materi workshop dibagi menjadi dua tahap. Sesi pertama, peserta dibimbing bagaimana mengelola berkas penelusuran, membuat bagian-bagian jurnal, membuat formulir review, pengaturan bahasa, menampilkan tim editorial di halaman jurnal, menyiapkan email notifikasi, pembuatan statistik laporan, pengaturan sistem pembayaran, plug in system, impor ekspor data, pendaftaran pengguna, dan mengatur masing-masing peran anggota tim. Sesi kedua, merupakan bahasan tentang manajemen penerbitan. Mulai dari alur open jurnal system, penerimaan dan distribusi naskah, penyuntingan dan penerbitan naskah.

Total ada 37 peserta yang mengikuti workshop ini. Peserta merupakan pengelola jurnal Kopertis Wilayah X. Para dosen yang kebetulan berkunjung pun, bagi yang tertarik dipersilakan untuk mengikuti workshop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *